Selasa, 15 Maret 2016

INI ALASAN INVESTASI APARTEMEN MENGUNTUNGKAN


Pembangunan apartemen di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya berjalan sangat pesat. Setiap tahun Anda dapat menemukan beberapa apartemen baru yang dibangun. Meski begitu, para pengembang apartemen mengklaim bahwa seluruh unit apartemen-apartemen tersebut habis terjual.

Fenomena itu bukan hanya menggambarkan banyaknya warga yang mulai berpaling dari rumah tapak ke apartemen sebagai pilihan hunian. Alasan praktis dan dekat dengan pusat bisnis maupun perbelanjaan adalah sebagian pertimbangan seseorang lebih memilih apartemen ketimbang rumah tapak.
Namun, selain dijadikan hunian, banyak pembeli yang menjadikan apartemen sebagai portfolio investasi. Dengan kata lain, meskipun Anda tidak berniat pindah dari rumah yang sudah ditinggali bertahun-tahun, Anda bisa saja membeli apartemen untuk dijadikan investasi jangka panjang.
Benarkah investasi apartemen menguntungkan?
Alasan Investasi Apartemen Menguntungkan untuk Anda
Sebenarnya, dari segi kenaikan harga jual, apartemen masih kalah unggul dibandingkan rumah tapak. Pasalnya, kenaikan harga rumah tapak setiap tahunnya bisa mencapai 20 persen, bahkan lebih. Ini dikarenakan adanya kenaikan pada harga tanah maupun bahan bangunan. Sementara, kenaikan harga jual pada apartemen rata-rata hanya mencapai 10 persen atau kurang setiap tahun.
Lalu, mengapa investasi apartemen disebut menguntungkan? Karena, sebagian besar apartemen yang dijadikan investasi akan disewakan kepada pihak lain alih-alih dijual kembali. Ya, bentuk investasi yang paling menguntungkan dari kepemilikan apartemen adalah dengan menyewakan apartemen Anda kepada orang ketiga.
Setidaknya ada 4 alasan mengapa apartemen merupakan pilihan investasi menguntungkan untuk Anda. Simak penjelasannya berikut ini.
1. Permintaan (demand) tinggi
Serbuan warga asing di kota-kota besar Indonesia cukup mempengaruhi tingkat permintaan atas apartemen. Pasalnya, seseorang dengan status Warga Negara Asing (WNA) memiliki hak kepemilikan properti terbatas di Indonesia. Warga asing hanya diperbolehkan membeli apartemen mewah dengan kisaran harga Rp 5 miliar ke atas. Tentunya pasar ini sangat terbatas. Tidak heran, banyak warga asing memilih untuk menyewa apartemen yang mengakibatkan tingginya demand untuk apartemen, terutama di area-area yang berdekatan dengan pusat bisnis ataupun area ekspatriat seperti Kemang.
Meski begitu, penyewa apartemen tidak terbatas pada warga asing. Masyarakat kelas menengah atas yang terus meningkat berarti pasar Anda semakin luas. Semakin banyak warga kota besar yang memilih tinggal di apartemen agar lebih dekat mencapai tempat aktivitas kerja ataupun pusat perbelanjaan dan hiburan.
2. Investasi jangka menengah
Seperti disebutkan sebelumnya, rental income adalah daya tarik utama dari investasi apartemen. Anda bisa mendapatkan tambahan pendapatan hingga bertahun-tahun ke depan dengan menyewakan unit apartemen milik Anda. Rata-rata jangka waktu sewa apartemen biasanya adalah 2-3 tahun, jadi Anda bisa menerima tambahan income yang cukup signifikan dalam kurun waktu tersebut. Uang sewa biasanya dibayarkan setiap tahun, ataupun dibayarkan sekaligus selama jangka waktu sewa.
Anda dapat menyewakan apartemen dengan atau tanpa perabotan (furnished atau fully furnished). Jika Anda tidak ingin mengeluarkan terlalu banyak biaya, Anda bisa menyewakan apartemen dalam kondisi kosong. Namun, tentu saja apartemen unfurnished memiliki harga sewa lebih rendah dibandingkan apartemen fully furnished. Selain itu, lebih banyak calon penyewa yang mencari apartemen dengan perabotan lengkap.
3. Risiko kekosongan relatif rendah
Apartemen di kota-kota besar seperti Jakarta biasanya memiliki tingkat hunian tinggi. Apalagi jika apartemen tersebut berada di lokasi strategis, misalnya di sekitar Segitiga Emas (Sudirman, Thamrin, Gatot Subroto), area bisnis seperti Slipi atau wilayah prestisius seperti Kemang. Banyak calon penyewa apartemen yang mencari hunian praktis agar dapat berdekatan dengan lokasi aktivitas mereka.
Potensi penyewa bukan hanya dari calon penyewa baru. Jika apartemen Anda sudah memiliki penghuni, ada kemungkinan mereka memperpanjang masa sewa jika memang lokasi dan kondisi apartemen dirasakan nyaman.
4. Bisa Anda tempati sendiri
Salah satu alasan investasi apartemen menguntungkan adalah Anda bisa menempati unit apartemen jika dibutuhkan. Bisa jadi Anda sedang terlibat dalam proyek kerja jangka panjang yang membutuhkan mobilitas tinggi; atau Anda sekedar ingin merasakan suasana baru bersama keluarga maupun teman. Jika belum mendapatkan penyewa baru untuk apartemen tersebut, tidak ada alasan Anda tidak bisa menempati unit apartemen yang Anda miliki. Anda tidak perlu repot mencari dan mengeluarkan biaya tambahan untuk memesan kamar hotel.
Tips Mencari Apartemen untuk Investasi
Peluang keuntungan dari investasi apartemen memang menggiurkan. Namun, tidak selamanya investasi dalam bentuk kepemilikan apartemen dapat menghasilkan keuntungan. Untuk menghindari kerugian dari investasi apartemen yang kurang cermat, simak dulu tips mencari apartemen yang tepat untuk investasi.
1. Pilih lokasi yang strategis
Seperti telah disebutkan sebelumnya, lokasi yang strategis akan membuat apartemen semakin banyak dicari. Lokasi strategis sebenarnya bukan hanya berarti berada di dekat pusat bisnis. Sebaiknya, pilihlah apartemen yang memiliki akses mudah ke pusat perbelanjaan, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan dan sebagainya. Bukan hanya itu, cermati apakah apartemen pilihan Anda mudah diakses fasilitas publik seperti halte bus, jalan told an sebagainya. Akses mudah dengan fasilitas umum tentu akan memudahkan mobilitas sehari-hari sehingga calon penyewa akan lebih tertarik menyewa apartemen Anda.
2. Pastikan reputasi dan track record pengembang
Jangan sembarang membeli apartemen. Anda harus memperhatikan dengan seksama pengembang yang membangun apartemen tersebut. Pastikan Anda memilih pengembang yang terpercaya dan memiliki track record yang baik dalam pembangunan apartemen. Jangan mudah tergoda dengan tawaran apartemen murah namun reputasi pengembangnya belum teruji. Tentu Anda tidak ingin terjebak dengan apartemen yang proyek pembangunannya terhenti di tengah jalan, atau kualitas bangunan apartemen ternyata di bawah standar.
3. Cek fasilitas penunjang
Sebaiknya, pilihlah apartemen yang memiliki fasilitas penunjang untuk para penghuninya. Fasilitas penunjang ini bisa berupa kolam renang, pusat kebugaran atau view yang indah. Keberadaan fasilitas penunjang ini akan mendongkrak daya tarik dan nilai apartemen di mata calon penyewa.
Demikian sejumlah alasan mengapa investasi apartemen menguntungkan serta tipsnya untuk Anda. Semoga berhasil!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar